Selasa, 19 Agustus 2014

Ukuran panjang terkecil dan terbesar.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai salah satu satuan untuk ukuran panjang atau jarak terbesar dan terkecil. Mungkin kita sudah mengenal satuan panjang standar yang sering kali kita dengar dan kita gunakan. Ya, satuan panjang yang sering kita gunakan adalah meter, dengan berbagai penurunannya seperti Km, hm, Meter, Cm, Mm, Mil, yard, dan sebagainya. Namun pada postingan kali ini saya tidak akan membahas mengenai satuan-satuan diatas, karena saya yakin kalian semua pasti sudah sangat mengenalnya, tapi saya akan berbagi mengenai salah satu satuan untuk ukuran panjang terbesar dan terkecil. Let’s Check it out !!

1. Tahun Cahaya (Light Year)
Meski terdengar seperti satuan waktu, tapi sebenarnya satuan ini merupakan satuan panjang/jarak. Tahun cahaya merupakan satuan yang digunakan dalam dunia astronomi, karena luasnya alam semesta para astronot akan sulit menyebutkan jarak-jarak dengan jumlah yang banyak, maka satuan ini sangatlah membantu. Lalu berapakah ukuran satuan cahaya ini? Tahun cahaya adalah jarak satu tahun yang ditempuh oleh cahaya. Sedangkan cahaya memiliki kecepatan kurang lebih sekitar 300.000km/detik. Dapat kita bayangkan bahwa satu detik saja cahaya dapat menempuh jarak 300.000 km, maka jika dihitung satu tahun cahaya kurang lebih 9.460.730.472.580 km.

2. Parsec (Pc)
Parsec adalah kependekan dari “parallax of one arcsecond”. Satuan panjang ini merupakan salah satu satuan yang sangat besar dan sering digunakan oleh para astronomi unutk menetukan jarak benda-benda di luar angkasa. 1 parsec sama dengan kurang lebih sama dengan 3.26 tahun cahaya. Dengan sedikit perhitungan trigonometri, kita mendapatkan bahwa jarak 1 parsec = 206.265 Satuan Astronomi, atau sama dengan 3.26 tahun cahaya, atau dalam kilometer: 1 parsec = 31000 trilyun kilometer.
Meskipun satuan jarak ini hanya sedikit lebih besar daripada 3 tahun cahaya, namun astronom lebih senang menggunakan satuan ini karena dapat dikaitkan langsung dengan besaran teramati yaitu sudut paralaks. Jarak ini juga sering disanding dengan awalan kilo untuk menyatakan 1 kiloparsec (kpc) = 1000 pc dan juga mega untuk menyatakan 1 Megaparsec (Mpc) = 1000 kpc = 1 000 000 pc. Dengan cara ini, kita dapat menyatakan jarak yang teramat jauh hanya dengan sedikit angka.

3. Nanometer (Nm)
Nanometer adalah sebuah ukuran panjang yang sangat kecil. Ukurannya sama dengan 1.0×10−9 meter atau sepermilyar meter. Satuan ini merupakan satuan panjang SI yang umumnya digunakan untuk mengukur panjang gelombang cahaya tampak (400 nm sampai 700 nm), radiasi ultraviolet, dan sinar gamma dan lain-lain. Untuk perbandingan antara 1 meter dengan 1 nanometer sama seperti perbandingan antara diameter bumi dengan diameter sebuah bola pinpong.

4. Angstrom (A)
Angstrom dengan simbol Å merupakan satuan panjang. Walaupun bukan merupakan satuan SI tetapi sering digunakan dengan satuan SI. Satuan ini biasa digunakan sebagai ukuran partikel atomik dan panjang senyawa kimia menggunakan spektrum optik. Satuan angstrom juga umum dipakai dalam pengukuran panjang gelombang cahaya seperti satuan nanometer. Untuk ukurannya, 1 Angstrom = 0.1 Nanometer (Nm) atau sama dengan 10-10 meter.

Demikian postingan saya kali ini. semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. makasih yah kak kayaknya hanya website kakak yg nunjukin yg lebih dari km dan kurang dari mm saya bill kelas 6 cuman mau belajar makasih kak (gara gara pasti yg bikin web ini lebih tua dari aku)

    BalasHapus
  2. Kesimpulanya apakah benda yang oaling kecil masih bisa dibelah lagi mrnjadi potongan yang lebih kecil???

    BalasHapus
  3. Mana mikro meter,piko meter,fentometer,atometer,zeptometer,dan akometer?

    BalasHapus