Jumat, 22 Agustus 2014

Indonesiaku


 
Negara kita , Indonesia adalah suatu negara besar yang sangat kaya akan sumber daya alamnya dan memiliki budaya yang sangat banyak dan beragam. Negara tercinta kita ini memiliki 17.508 pulau, lebih dari 746 bahasa daerah, 1.128 suku bangsa dan tak terhitung kebudayaan yang ada didalamnya. Indonesia juga memiliki keindahan alam yang sangat menarik minat mata dunia. Pesona indonesia benar – benar membuat negara ini menjadi salah satu primadona dunia. Maka dari itu sudah sepatutnyalah kita sebagai warga negara indonesia mencintai dan menjunjung tinggi martabat bangsa ini. Selain itu ada juga beberapa hal yang merupakan keunggulan indonesia dari negara – negara lain di dunia. Keunggulan – keunggulan indonesia di bawah ini seharusnya menjadi alesan besar mengapa kita harus mencintai negeri ini…

1. Kekayaan alam

Berkeliling ke seluruh Indonesia, seperti melihat kekayaan alam separuh dunia berada di dalamnya. Betapa tidak? Karena berjuta-juta pantai di Indonesia dapat ditemui, bahkan disuguhkan taman bawah laut Bunaken yang hampir tidak ditemukan di negara lain yang seindah Indonesia. Gunung berapi yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi banyak ditemui di negara ini. Sungai, air terjun, padang savanna di daerah Nusa Tenggara, bahkan salju pun ada di puncak Jayawijaya Papua.

2. Kekayaan budaya

Berjuta-juta suku di Indonesia menghasilkan ragam budaya yang menarik. Bahkan setiap suku yang berbeda daerah juga memiliki budayanya masing-masing. Contoh suku Jawa, antara Jawa tengah dan Jawa Timur pasti berbeda adat dan kebiasaannya. Di Jawa Tengah sendiri, daerah Solo, dan semarang juga memiliki budaya sendiri.  

3. Kuliner khasnya terutama yang halal

Jika berkunjung ke negara lain, sebagai seorang muslim pasti khawatir akan kehalalan makanannya. Sehingga kebanyakan dari kita akan bertanya kepada pemilik restoran apakah ada jaminan halal dari restoran ini. Jika di Indonesia, hampir setiap toko memiliki jaminan akan halalnya, bahkan restoran siap saji yang merupakan duplikasi dari negara luar pun diwajibkan mengikut sertakan jaminan halal pada produk mereka. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim.

4. Kekayaan flora dan fauna

Negara tropis merupakan salah satu keunggulan negara ini. Garis khatulistiwa yang membentang di negara ini mengakibatkan matahari seriap saat dapat dijumpai, sehingga tumbuh-tumbuhan dapat tumbuh sepanjang tahun. Berbagai macam jenis tumbuhan tropis mendominasi negara ini. Selain itu juga berbagai macam fauna khas juga ada di Indonesia, seperti badak bercula satu, komodo, anoa, dan harimau Sumatra.

5. Keramahan penduduknya

Ramah, itulah yang membuat negara ini banyak dikunjungi wisatawan asing. Keramahannya, senyuman khasnya saat bertemu orang luar, sikap pedulinya dengan orang-orang sekitar, sepertinya tidak akan ditemukan di negara lain.

6. Kekayaan mataharinya

Tidak banyak yang menyadari kekayaan matahari ini. Matahari yang selama 12 jam menyinari negeri ini setiap harinya bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Di antaranya sebagai energi surya, pengering alami bahan kerupuk dan ikan asin, pengering baju, berbagai macam tumbuh-tumbuhan tumbuh sepanjang tahun tanpa adanya penghalang musim dingin, dan lain-lain. Kekayaan yang patut disyukuri, padahal warga negara lain saat musim dingin berlomba-lomba mencari matahari untuk berjemur, sedangkan kita bisa berjemur setiap saat.

Hal – hal diatas hanyalah sebagian kecil dari kekayaan yang dimiliki indonesia. Mungkin selama ini kita tak pernah menyadari betapa kayanya negeri kita ini hingga kita masih saja lebih mencintai negeri dan budaya orang lain. Seperti saat ini banyak orang yang lebih mengenal budaya – budaya bangsa asing hingga budaya indonesia sendiri mulai terlupakan dan bahkan hilang. Tapi belum terlambat dan masih ada waktu bagi kita generasi muda untuk tetap menjaga dan melestarikan negeri indonesia dan segala kebudayaannya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar